Secara umum pembelajaran adalah interaksi
antara guru dan siswa dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran
adalah membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar
merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan. Pembelajaran merupakan proses
komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai pendidik,
sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik atau siswa.
“Menurut Miarso pembelajaran adalah usaha mengelola
lingkungan dengan sengaja agar seseorang membentuk diri secara positif tertentu
dalam kondisi tertentu.” Pembelajaran menggunakan
pendekatan sistem dalam pengembangannya yaitu proses pembelajaran yang pada awalnya meminta guru untuk mengetahui
kemampuan dasar yang dimiliki oleh siswa meliputi kemampuan dasarnya,
motivasinya, latar belakang akademisnya, latar belakang sosial ekonominya, dan
lain sebagainya. Kesiapan guru untuk mengenal karakteristik siswa dalam
pembelajaran merupakan modal utama penyampaian bahan belajar dan menjadi
indikator suksesnya pelaksanaan pembelajaran. Bahan pelajaran dalam proses
pembelajaran bukan hanya sebagai perangsang tindakan seorang pendidik, tetapi
juga sebagai tindakan memberikan dorongan dalam belajar yang tertuju pada
pencapaian tujuan belajar. Antar proses belajar dan mengajar dengan pendidikan
bukanlah sesuatu yang terpisah atau yang bertentangan. Akan tetapi, proses
pembelajaran merupakan suatu aspek yang terintegrasi dari proses pendidikan.
Tujuan pembelajaran menurut teori Behavioristik
ditekankan pada penambahan pengetahuan yang menuntut pelajar untuk
mengungkapkan kembali pengetahuan yang sudah dipelajari dalam bentuk laporan,
kuis, atau tes. Penyajian isi atau materi pelajaran menekankan pada keterampian yang terisolasi atau akumulasi fakta
mengikuti urutan dari bagian keseluruhan. Pembelajaran mengikuti urutan
kurikulum secara ketat, sehingga aktivitas belajar lebih banyak didasarkan pada
buku teks atau buku wajib dengan penekanan pada ketrampilan mengungkapkan
kembali isi buku teks atau buku wajib tersebut. Pembelajaran dan evaluasi
menekankan pada hasil belajar.
Posting Komentar