SKRIPSI ILMIAH
Deskripsi Diri, Wahana Membaca

PENGERTIAN PEMBELAJARAN

Label: Skripsi, Referensi, Bahan Bacaan , ,
Secara umum pembelajaran adalah interaksi antara guru dan siswa dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran adalah membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan. Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik atau siswa.
 
“Menurut Miarso pembelajaran adalah usaha mengelola lingkungan dengan sengaja agar seseorang membentuk diri secara positif tertentu dalam kondisi tertentu. Pembelajaran menggunakan pendekatan sistem dalam pengembangannya yaitu proses pembelajaran yang pada awalnya meminta guru untuk mengetahui kemampuan dasar yang dimiliki oleh siswa meliputi kemampuan dasarnya, motivasinya, latar belakang akademisnya, latar belakang sosial ekonominya, dan lain sebagainya. Kesiapan guru untuk mengenal karakteristik siswa dalam pembelajaran merupakan modal utama penyampaian bahan belajar dan menjadi indikator suksesnya pelaksanaan pembelajaran. Bahan pelajaran dalam proses pembelajaran bukan hanya sebagai perangsang tindakan seorang pendidik, tetapi juga sebagai tindakan memberikan dorongan dalam belajar yang tertuju pada pencapaian tujuan belajar. Antar proses belajar dan mengajar dengan pendidikan bukanlah sesuatu yang terpisah atau yang bertentangan. Akan tetapi, proses pembelajaran merupakan suatu aspek yang terintegrasi dari proses pendidikan.

Tujuan pembelajaran menurut teori Behavioristik ditekankan pada penambahan pengetahuan yang menuntut pelajar untuk mengungkapkan kembali pengetahuan yang sudah dipelajari dalam bentuk laporan, kuis, atau tes. Penyajian isi atau materi pelajaran menekankan pada keterampian yang terisolasi atau akumulasi fakta mengikuti urutan dari bagian keseluruhan. Pembelajaran mengikuti urutan kurikulum secara ketat, sehingga aktivitas belajar lebih banyak didasarkan pada buku teks atau buku wajib dengan penekanan pada ketrampilan mengungkapkan kembali isi buku teks atau buku wajib tersebut. Pembelajaran dan evaluasi menekankan pada hasil belajar.
0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

BLOGROLL