SKRIPSI ILMIAH
Deskripsi Diri, Wahana Membaca

PENGERTIAN HASIL BELAJAR

Label: Skripsi, Referensi, Bahan Bacaan , ,
Dengan berakhirnya proses belajar, maka siswa memperoleh suatu hasil belajar. Hasil belajar yang diperoleh oleh seseorang merupakan suatu bukti dari usaha yang dilakukan. Hasil belajar adalah respon (tingkah laku) yang baru, menurut Dimyati dan Mudjiono mengemukakan bahwa: “Hasil belajar adalah hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar”. 

Hasil belajar merupakan hal yang dapat dipandang dari dua sisi yaitu sisi siswa dan dari sisi guru, dari sisi siswa hasil belajar merupakan tingkat perkembangan mental yang lebih baik bila dibandingkan pada saat sebelum belajar, tingkat perkembangan mental tersebut terwujud pada jenis-jenis ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Sedangkan dari sisi guru, hasil belajar merupakan saat terselesaikannya bahan pembelajaran. 

“Krathwoth dan Bloom menyatakan bahwa hasil belajar dalam rangka studi dicapai melalui tiga ranah antara lain ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, yaitu: Ranah kognitif: berkenaaan dengan hasil belajar intelektual, yang terdiri dari enam aspek yaitu: pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintetis, dan penilaian Ranah afektif: berkenaan dengan sikap dan nilai, ranah afektif meliputi lima jenjang kemampuan yaitu; menerima, menjawab/reaksi, menilai, organisasi dan karakterisasi dengan suatu nilai atau kompleks nilai".

“Berdasarkan teori taksonomi psykomotorik, Harrow menyatakan bahwa: ranah psikomotorik terdiri dari gerak refleks (reflekx movements), gerakan dasar ((basic fundamental movements), kemampuan perseptual (perceptual abilities), kemampuan fisik (physical abilities), gerakan keterampilan (skilled movements), dan komunikasi yang lancar (non discursive communication)”.

Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalamamn belajarnya. Hasil belajar digunakan guru untuk dijadikan ukuran atau kreteria dalam mencapai suatu tujuan pendidikan, hal ini dapat tercapai apabila siswa sudah memahami belajar dengan diiringi oleh perubahan tingkah laku yang lebih baik lagi. Proses belajar merupakan hal yang dialami oleh siswa, suatu respons terhadap segala cara pembelajaran yang diprogramkan oleh guru. Dalam proses belajar tersebut, guru meningkatkan kemampuan-kemampuan kognitif, afektif dan psikomotoriknya. Perilaku tersebut dapat berupa perilaku yang tidak dikehendaki dan yang dikehendaki, hanya perilaku-perilaku yang dikehendaki diperkuat. Penguatan perilaku yang dikehendaki tersebut dilakukan dengan pengulangan, latihan, drill atau aplikasi. 

Adapun bukti bahwa seseorang telah belajar ialah terjadinya perubahan tingkah laku pada orang tersebut, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu dan dari tidak mengerti menjadi mengerti. Tingkah laku memiliki unsur subjektif dan unsur motoris. Unsur subjektif adalah unsur rohaniah dan unsur motoris adalah unsur jasmaniah.
Agama Islam juga memuliakan umatnya bagi siapa yang mencari ilmu pengetahuan dijalan-Nya dan mengerjakan amal kebaikan serta beriman kepadaNya. Hal ini terdapat dalam firman Allah dalam surat Al- Mujadilah ayat 11, yaitu :

Artinya: “Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Dalam ayat tersebut menjelaskan bahwa orang yang belajar dan berilmu akan mendapatkan derajat berupa kemuliaan yang sangat tinggi. Di sini dapat dilihat bahwa belajar seseorang dapat mengaplikasikannya dalam tingkah laku atau kegiatan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga terjadi perubahan.
 
Begitu pula sabda Rasulullah saw :


Artinya : “ Dari Abu Hurairah ra berkata : Rasulullah saw bersabda : barangsiapa melalui suatu jalan untuk mencari suatu pengetahuan, Allah akan memudahkan baginya jalan ke syurga.” (HR. Bukhari Muslim) 

Menurut Oemar Hamalik Hasil belajar adalah bila seseorang telah belajar akan terjadi perubahan tingkah laku pada orang tersebut, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak mengerti menjadi mengerti. yang menyatakan bahwa tingkah laku manusia terdiri dari sejumlah aspek. Hasil belajar akan tampak pada setiap perubahan pada aspek-aspek tersebut. Adapun aspek-aspek tersebut adalah : 
 

a)      Pengetahuan                                  f) Emosional

b)      Pengertian                                      g) Hubungan Sosial

c)      Kebiasaan                                      h) Jasmani

d)     Keterampilan                                 i) Etis atau Budi Pekerti

e)     Apresiasi                                        j) Sikap

Dari kutipan beberapa ahli di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah suatu puncak dari proses belajar dan hasil kemampuan yang diperoleh seseorang karena belajar.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

BLOGROLL